7 Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Kita Temui

penyakit kulitAda Sekitar 7 Jenis Penyakit Kulit Yang Sering Terjadi di masyarakat, khususnya indonesia. penyakit kulit ini, ada yang sifatnya berbahaya dan ada juga hanya sebatas mengganggu aktivitas, terkadang juga membuat kita malu untuk keluar rumah.

Beragam Jenis Penyakit Kulit

Yuk kenali jenis jenis penyakit kulit yang kadang diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa. berikut ulasan lengkapnya :

1. Penyakit Herpes adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, dimana virus dan bakteri penyebab herpes itulah yang membedakan jenis penyakit herpes yang diderita, karena ada beberapa virus yang dapat mengakibatkan penyakit herpes diantaranya adalah virus varicella zoster dan virus herpes simpleks atau biasa dikenal dengan virus HSV.

2. Penyakit Kulit Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Keradangan ini bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis penyakit eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik.

3. Penyakit Campak atau juga dikenal dengan nama lain seperti measles, rubeola, morbili adalah penyakit menular dengan gejala kemerahan berbentuk mukolo papular selama tiga hari atau lebih yang disertai panas 38 derajat C atau lebih dan disertai salah satu gejala batuk, pilek, dan mata merah.

4. Penyakit Bisul – Bisul merupakan infeksi kulit berupa benjolan, tampak memerah, yang akan membesar. Benjolan ini berisi nanah, dan terasa panas dan berdenyut. Bisul bisa tumbuh di semua bagian tubuh. Namun lebih banyak tumbuh pada bagian tubuh yang lembab, seperti, lipatan paha, sela bokong, sekitar leher dan ketiak, dan juga kepala.

5. Kurap adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit yang pada umumnya penyakit ini dapat menular. Penularan penyakit ini dapat terjadi dengan cara kontak langsung dengan manusia, hewan ataupun benda mati yang terkontaminasi oleh jamur penyebab kurap.

6. Penyakit Psoriasis – Psoriasis termasuk penyakit kulit yang sulit didiagnosa. Bagian tubuh yang biasa terkena eksim sama dengan bagian tubuh yang biasa terkena psoriasis, ditambah kulit kepala, punggung bagian bawah, telapak tangan, dan telapak kaki. Stres, trauma, dan tingkat kalsium yang rendah dapat menyebabkan psoriasis.

7. Penyakit Cacar Air merupakan suatu infeksi virus yang menular. Cacar air menimbulkan ruam kulit gatal yang terdiri dari bintik-bintik kecil,menonjol, berisi cairan atau keropeng. Virus ini ditularkan melalui percikan air ludah atau melalui benda-benda yang terkontaminasi oleh cairan dari lepuhan kulit penderita. penyakit cacar air muncul dalam waktu 10-21 hari setelah terinfeksi.

Itulah Jenis Jenis Penyakit Kulit yang ada disekitar kita dan ada yang termasuk penyakit menular dan tidak menular. jadi jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena penyakit kulit sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, sarankan untuk segera atasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *