Kenali 5 Ciri Ciri Haid (Menstruasi) Tidak Normal

Setiap wanita pasti akan mengalami yang namanya haid atau menstruasi, hanya saja waktunya yang berbeda. berkenaan dengan ini, kami akan membahas ciri ciri haid tidak normal. mengapa kami membahasnya?, karena tidak sedikit juga yang benar-benar belum mengetahuinya.

Memang tidak selamanya haid yang anda alami merupakan sesuatu yang tidak normal, namun kadangkala hal itu terjadi tanpa disadari. untuk itu, sebaiknya ketahuilah malasah haid yang tidak sehat berikut ini.

Telat 3 Siklus Haid Berturut-Turut
Menurut Cleveland Clinic, kalau telat haid sampai lebih dari 90 hari (3 bulan), ini gejala yang tak normal. Kecuali kalau kondisimu masih remaja yang baru awal-awal mengalami haid, baru melahirkan, sedang menyusui, atau menjelang menopause. Penyebab telat haid ini bisa bermacam-macam, seperti faktor diet, penggunaan alat kontrasepsi, atau mengalami kanker serviks.

Durasi Menstruasi Lama
Normalnya haid terjadi setiap tiga hingga tujuh hari. Namun apabila haid lebih dari tujuh hari atau kurang dari tiga hari dipastikan anda mengalami masalah. Meskipun beberapa ahli menyatakan bahwa haid yang terjadi hanya dua hari masih dalam kondisi normal.

Namun berbeda jika menstruasi yang lama (melebihi tujuh hari). Biasanya ketidaknormalan tersebut dipengaruhi oleh kondisi hormonal pada dalam tubuh. Kondisi hormon dipengaruhi oleh aktivitas sehari-hari yang anda lakukan.

Nyeri Haid Parah
Nyeri haid merupakan hal yang normal dialami wanita menjelang atau saat sedang haid. Tapi jika nyeri yang dirasakan sangat parah sampai susah bangun dari tempat tidur, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter. Salah satu gejala haid yang tak normal adalah nyeri haid yang yang terasa lebih parah dari biasanya. Hal ini bisa jadi indikator kamu mengalami endometriosis.

Darah Haid Yang Berlebihan
Darah saat menstruasi normalnya hanya sebanyak 80 cc dalam satu hari. Dan biasanya setiap pembalut yang digunakan oleh wanita hanya mampu menampung darah sebanyak 15-20 cc. Sehingga anda harus selalu mengganti pembalut setiap dua hingga tiga kali dalam satu hari.

Jika darah yang keluar berlebihan kondisi ini bisa dikatakan sebagai menorrhagia. Menorrhagia, terjadi darah keluar berlebihan dan membuat anda harus selalu mengganti pembalut setiap satu hingga dua jam. Ataupun ketika anda mengalami pendarahan menstruasi yang cukup banyak dalam satu minggu.

Adanya Gumpalan Darah
Gumpalan darah saat menstruasi merupakan hal yang normal. Tetapi apabila gumpalan darah tersebut keluar dengan sangat banyak, maka dapat dipastikan anda mengalami gangguan menstruasi. juga darah yang menggumpal keluar disertai sakit kepala.

Nah demikian itulah ciri ciri haid yang tidak normal khusus bagi anda yang belum mengenalinya. jika anda salah satu yang mengalami keluhan seperti di atas, sebaiknya segeralah untuk menanganinya.

Rate here :

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *