Jantung Bengkak – Penyebab, Pencegahan & Bahaya

Jantung bengkak atau dalam istilah medis lebih dikenal dengan Kardiomegali ini merupakan terjadinya pembengkakan pada jantung sehingga ukurannya membesar melebihi jantung normal. Pada tahap awal mungkin pembengkakan jantung masih dapat memompa darah secara normal, namun seiring berkembangnya pembengkakan kemampuan jantung memompa semakin menurun hingga ahirnya terjadilah gagal jantung.

Penyebab Pembengkakan Jantung

Penyebab jantung bengkak akibat dari respons terhadap kerusakan pada otot jantung, pengidap darah tinggi, penyakit katup jantung, penyakit otot jantung, kurangnya darah merah, gangguan tiroid, dan amiloidosis.

Ada dua jenis masalah dalam jantung bengkak :

  1. Jantung bengkak akibat melonggarnya otot jantung sehingga volume bilik jantung menjadi lebih besar dan
  2. Akibat penebalan pada otot jantung.

Mencegah Jantung Bengkak

Sebagaimana Yang Sudah Dijelaskan Pada Penyebabnya, Maka Cara Mencegah Penyakit Jantung Bengkak Meski Melakukan perubahan gaya hidup yang sebelumnya kurang sehat harus Anda ubah menjadi lebih sehat seperti berikut ini :

  • Menghindari rokok,
  • Menurunkan berat badan jika Anda mengalami obesitas,
  • Kurangi asupan garam dalam makanan,
  • Kendalikan diabetes jika Anda mengidap penyakit yang satu ini,
  • Hindari alkohol dan kafein,
  • Istirahat yang cukup dan tidur 8 jam sekali,
  • Melakukan olahraga ringan setiap harinya sesuai dengan rekomendasi dari dokter.

Bahaya Penyakit Jantung Bengkak

Bahaya Menanti Bagi Penderita Pembengkakan Jantung Jika Tidak Segera Ditangani dengan baik, Antara Lain :

  • Susah untuk bernafas – Ketika jantung anda mengalami pembengkakan maka paru paru mengalami tekanan yang membuat anda kesulitan dalam bernafas. Beberapa kali anda akan merasa sesak yang mendalam dan akhirnya menimbulkan lemas yang berlebihan. Banyak penderita bengkak jantung yang mengalami sesak seperti ini walaupun mereka tidak memiliki riwayat sakit pernafasan.
  • Mengalami nyeri pada beberapa anggota tubuh – Saat jantung mengalami pembengkakan maka beberapa aliran darah tidak berfungsi secara normal dan hal ini mengakibatkan kurangnya pasokan darah. Bengkaknya jantung juga sangat berpengaruh kepada sirkulasi darah yang mengalir.
  • Nafsu makan turun drastis – Pada beberapa penderita ini mereka jika diberi makan makan mereka biasanya memuntuhkan kembali dan sepertinya susah saat menelan makanan yang lembut sekalipun.
  • Kaki bengkak – Kaki mengalami pembengkakan yang cukup berbeda dari bengkak biasanya. Untuk mengetahui nya secara langsung perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk Menghindari Bahaya Yang cukup kronis dari penyakit ini, anda bisa mengobatinya dengan cara medis ataupun cara herbal. kunjungi dan baca juga obat penyakit jantung bengkak.

Dengan Mengetahui Pencegahan, Penyebab Serta Bahaya Dari Jantung Bengkak Kita bisa menyadari sejak awal agar dikemudian hari tidak terkena oleh penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *