Menu Makanan Pantangan Batu Ginjal

MAKANAN PANTANGAN BATU GINJAL, – pola makan yang buruk sangat berpengaruh terhadap kondisi penyakit batu ginjal, mulai dari sekarang sudah saatnya anda memperhatikan jenis makanan maupun minuman yang menjadi menu setiap hari.

Ini adalah pantangan makanan maupun minuman bagi penderita batu ginjal, diantaranya :

1. Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap
Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal.

3. Daging Merah
Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi, Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras sehingga akan ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

4. Konsumsi Ikan
Ikan mengandung protein dalam jumlah yang tinggi sehingga bisa meningkatkan jumlah kalsium dan penyebab asam urat tinggi dalam tubuh penderita batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang dapat dipecah menjadi asam urat dan masuk ke dalam urin. Makanan ini bisa menyebabkan produksi asam urat yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan risiko yang lebih berat untuk penderita batu ginjal.

5. Tomat
Tomat mengandung asam asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

6. Minuman Berkarbon dan Manis
Semua jenis minuman yang mengandung pemanis, gula dan minuman bersoda juga harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Minuman manis bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi.

7. Makanan Mengandung Natrium dan Sodium
Makanan mengandung Natrium dan Sodium merupakan salah satu makanan pantangan penderita batu ginjal. karena terkandung senyawa yang bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh, sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal.

8. Produk dari Susu
Produk susu merupakan salah satu bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih serius.

9. Minuman Berkafein
Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang konsumsi. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.

Menjauhi makanan pantangan batu ginjal diatas sangat penting untuk anda lakukan, mengingat efek buruk yang ditimbulkannya cukup berbahaya.

Rate here

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *