Nyeri Ulu Hati Waspadai 9 Penyakit Ini

Nyeri Ulu Hati Waspadai 9 Penyakit Ini – setiap akibat munculnya suatu keluhan maupun penyakit, pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya sebab.

Penyebab Sakit Ulu Hati

Setidaknya ada sembilan penyebab seseorang menderita nyeri pada ulu hati. lalu apa saja yang masuk ke dalam kategori penyebabnya? yuk simak selengkapnya :

Tukak Lambung
Ini adalah penyebab paling umum dari nyeri pada ulu hati. Ulkus diartikan sebagai perlukaan pada lapisan lambung, paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Dalam kasus ulkus peptikum, gejala yang khas adalah nyeri ulu hati yang menetap setelah makan. Gejala lain yang menyertai seperti kembung, hematemesis (muntah darah kehitaman) dan perut terasa penuh. Tukak juga bisa terjadi pada usus dua belas jari (ulkus duodenum) bedanya, pada kondisi ini nyeri ulu hati terjadi setelah makan yang muncul dalam jeda waktu dua sampai tiga jam setelah makan.

Sakit Maag (Gastritis)
Sakit maag adalah radang pada lambung yang menyebabkan berbagai gejala. Salah satu gejala yang dominan adalah nyeri ulu hati. Peradangan terjadi pada lapisan lambung yang kontak dengan asam lambung, peradangan bisa mencapai lapisan yang lebih dalam sesuai berat ringannya penyakit. Selain sakit di ulu hati, sakit maag juga menyebabkan mual dan penurunan berat badan.

Penyakit Refluks Asam Lambung
Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah suatu kondisi di mana seseorang merasakan sensasi terbakar di belakang tulang dada. Sensasi ini dapat dirasakan di daerah ulu hati. Hal ini terjadi karena regurgitasi atau naiknya asam lambung dan makanan dari lambung ke kerongkongan (esofagus). Keluhan sering disertai dengan mual dan perasaan ada makanan yang nyangkut di belakang dada.

Heartburn
Hampir sama dengan GERD, namun pada kondisi ini kayak rasa terbakar dan nyeri di ulu hati akibat tingginya sekresi asam lambung yang dominan. Asam ini disekresikan oleh lambung dan bisa mengalir kembali ke kerongkongan (mirip dengan GERD). Kondisi ini disebut juga dengan cardialgia atau pyrosis.

Karsinoma Lambung
Keganasan atau kanker lambung juga bisa menyebabkan nyeri di daerah ulu hati kronis yang disertai dengan berbagai macam gejala seperti penurunan berat badan, serta sakit perut di lokasi lain.

Gastroenteritis
Mudahnya kita sebut sebagai diare, yaitu penyakit inflamasi pada lambung dan usus yang disebabkan oleh infeksi, baik bakteri ataupun virus. Gejala utamanya berupa nyeri perut, demam, mual dan mencret.

Radang Pankreas
Pankreatitis adalah salah satu penyebab utama nyeri ulu hati. Radang pankreas dapat berupa radang akut atau kronis. Pankretitis akut ditandai dengan sakit ulu hati parah menjalar ke arah belakang. Sedangkan pankreatitis kronis ditandai dengan nyeri ringan di epigastrium.

Batu Empedu
Batu empedu atau peradangan kandung empedu biasanya menyebabkan nyeri di daerah perut kanan yang juga menyebar ke daerah epigastrium. Rasa sakit biasanya terasa seperti menggerogoti.

Penyakit Liver
Penyakit Liver Hepatitis adalah peradangan hati yang ditandai dengan rasa sakit yang juga dapat dirasakan di daerah ulu hati. Peradangan hati ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus. Selain sakit perut, gejala lain yang menyertai yaitu perubahan warna kuning pada kulit dan sklera mata, badan lemas dan demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *