Pantangan Makanan Penderita Amandel Anak & Dewasa

Menu Pantangan Makanan Penderita Amandel Anak & Dewasa pembahasannya kami gabungkan karena jenis makanan maupun minuman keduanya tidak berbeda jauh. jadi mulai dari sekarang atur pola makan anda, disebabkan beberapa makanan ini memicu amandel semakin membesar.

pantangan radang amandel

Pantangan Penyakit Amandel

Berikut Ini merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita radang amandel :

Makanan yang asam
Makanan asam seperti jeruk sitrus, anggur, permen karet, buah berry dan lainnya harus dihindari oleh penderita amandel karena kandungan asamnya dapat menyebabkan gatal saat sakit tenggorokan.

Makanan atau minuman yang berpengawet
Makanan kaleng atau minuman ringan yang mengandung bahan pengawet kimia bisa menyebabkan komplikasi pada penderita radang amandel karena orang yang sedang mengalami sakit amandel sistem daya tahan tubuhnya sedang lemah, jadi jika mengkonsumsi makanan yang berpengawet kimia bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Makanan Pedas
Jika Si Kecil menyukai makanan pedas, sebaiknya mulai dikurangi ya Mams.Sebab, kandungan pedas hanya akan memperburuk kondisi amandel.

minuman dingin
Es krim atau minuman dingin sangat wajib untuk tidak dikonsumsi penderita radang amanel karena perbedaan suhu antara amandel yang sedang meradang dengan makanan atau minuman dingin bisa memperburuk kondisi pasien.

Cuka
Ada beberapa olahan makanan dengan cuka, seperti acar, asinan, kuah pempek, kuah cakwe, dan lainnya yang harus dihindari.

Makanan yang berlemak tinggi
Makanan dengan kandungan lemak tinggi seperti misalnya gorengan sangat tidak bagus buat amandel karena kandungan lemak atau minyak tersebut bisa memperburuk peradangan yang terjadi pada amandel.

Makanan cepat saji
Mie instant adalah salah satu makanan cepat saji yang dilarang konsumsi bagi mereka yang sedang menderita radang amandel, karena kandungan bahan kimia dalam bumbu mie instant tersebut bisa menimbulkan dampak buruk bagi amandel.

Coklat
Ini adalah salah satu makanan favorit Si Kecil. Tetapi, justru ini dapat memicu amandel menjadi lebih besar dan membuat tenggorokan menjadi gatal.

Hindari gorengan
Makanan atau lauk pauk yang memiliki zat asam berlebih ialah segala jenis makanan yang diolah dengan minyak goreng atau lemak, seperti gorengan, daging yang berlemak, macaroni, keju, kentang goreng, keripik kentang, dan chicken nugget. Anda bisa mengganti cara pengolahan dengan mengukus atau merebus.

Nah demikian itulah makanan pantangan bagi yang menderita amandel. perlu anda ketahui bahwa Radang amandel yang tidak segera ditangani akan menimbulkan berbagai komplikasi seperti infeksi pada telinga, dan sinus, abses atau bisul pada tenggorokan sehingga harus dilakukan operasi untuk mengeluarkan nanah, hingga gangguan pertumbuhan khsusunya pada anak.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menjauhi Pantangan Amandel?

Waktu yang tepat yakni saat anda baru merasakan gejala radang amandel itu sendiri, dengan begitu amandel yang derita tidak cepat membesar dan dalam proses pengobatannya tidak membutuhkan waktu yang lama serta biaya yang besar.

Apabila ada pertanyaan tentang pantangan makanan amandel diatas, silahkan ditulis pada kolom komentar yang sudah tersedia. thank you for visiting, please share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *