Cara Penularan Penyakit Hepatitis A, B, C, D Dan E

Kali ini akan membahas Cara Penularan Penyakit Hepatitis A, B, C, D Dan E Dengan Lengkap agar kita bisa menekan jumlah penderita hepatitis.  terkadang kita tidak menyadarinya tindakan yang telah kita buat mengakibatkan orang lain akan mengalami hal serupa. tentunya hal ini pasti kita tidak menginginkannya.

Penularan Penyakit Hepatitis A, B, C, D Dan E

1. Hepatitis A – Sebagian besar kasus hepatitis A terjadi pada daerah yang memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi, jumlah penduduk yang berlebihan (penuh sesak), serta buruknya sistem sanitasi dan air bersih. Virus hepatitis A dapat menyebar dengan cepat melalui :

  • Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh tinja seseorang yang terinfeksi hepatitis A akibat buruknya kebersihan pribadi. Sebagai contoh, ketika kita mengkonsumsi makanan yang disiapkan oleh penderita hepatitis A yang belum mencuci tangan dengan baik, apalagi setelah ia buang air besar.
  • Mengkonsumsi air minum yang terkontaminasi.
  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang dicuci dengan menggunakan air yang telah terkontaminasi.
  • Mengkonsumsi makanan laut yang tercemar oleh limbah.
  • Berhubungan badan dengan penderita.

2. Hepatitis BVirus hepatitis B (HBV) dapat ditularkan melalui darah, air mani, maupun cairan tubuh lainnya. Adapun cara penularannya antara lain adalah :

  • Kontak hubungan intim, yaitu jika seseorang melakukan hubungan intim dengan dengan penderita hepatitis B tanpa menggunakan pelindung (kondom) yang dapat mengakibatkan darah, air liur, air mani, maupun cairan vagina memasuki tubuhnya.
  • Penggunaan jarum suntik, Jarum suntuk yang digunakan sama-sama dengan orang yang telah terinveksi virus HBV juga dapat meningkatkan resiko penularan, yaitu melalui intravena (IV)
  • Kontak darah, misalnya saja pada saat terjadinya transfusi darah yang dilakukan dari orang yang terinfeksi virus HBV kepada orang-orang yang belum terinfeksi.
  • Dari seorang ibu pada anaknya, misalnya saja adalah wanita yang sedang hamil dapat menularkan virus ini pada janin di rahimnya.

3. Hepatitis C – Penularan virus penyebab hepatitis C hampir sama dengan jenis hepatitis B yaitu melalui kontak darah yang telah terkontaminasi virus tersebut. Berikut ini merupakan cara penularannya :

  • Penggunaan jarum suntik maupun peralatan lain secara bersamaan seperti piring, sendok, makanan, minuman merupakan cara yang paling umum untuk penyebaran virus hepatitis C.
  • Melalui transfusi darah
  • Penularan dari ibu kepada anaknya yaitu semasa kehamilan.
  • Melalui hubungan intim tanpa menggunakan alat pengaman seperti kondom dengan penderita.

4. Hepatitis D – Penularan virus hepatitis D juga hampir sama dengan penularan virus hepatitis B. Virus hepatitis D dapat menular atau menyebar melalui kontak dengan darah yang terkontaminasi atau cairan tubuh lainnya. Menurut Rumah Sakit Anak di Philadelphia, sekitar 5 % penderita hepatitis B juga memiliki hepatitis D.

5. Hepatitis E – mirip dengan Hepatitis A. Virus Hepatitis E (HEV) ditularkan melalui kotoran manusia ke mulut dan menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Tingkat tertinggi infeksi Hepatitis E terjadi di daerah bersanitasi buruk yang mendukung penularan virus.

Demikianlah Cara Penularan Penyakit Hepatitis A, B, C, D Dan E Yang Mesti Kita Ketahui Bersama, semoga uraian ini dapat memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *