Penyebab, Bahaya Dan Komplikasi Kanker Prostat

Setelah sebelumnya cara pencegahan kanker prostat, kini pembahasan kami masih berkaitan yakni penyebab, bahaya dan komplikasi kanker prostat. pada mulanya sel kanker pada kelenjar prostat berkembang secara perlahan, sehingga pada umumnya penderita tidak menyadari bahwa sel kanker tersebut telah menjadi ganas.

Penyebab, Bahaya Dan Komplikasi Kanker Prostat

Penyebab Kanker Prostat

Perlunya sadari sejak dini mengenal penyebab munculnya kanker prostat, hal ini diperlukan guna menghindari resiko yang kapan saja bisa terjadi. Penyebab spesifiknya masih belum diketahui. Namun beberapa para ahli sepakat bahwa faktor-faktor hormonal, genetik, lingkungan, dan Diet dianggap menjadi penyebabnya. akan tetapi berikut adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat :

  • Riwayat kesehatan keluarga, Jika ada keluarga laki-laki yang menderita kanker prostat atau wanita yang menderita kanker payudara, risiko Anda untuk terkena kanker prostat akan meningkat.
  • Makanan, Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terlalu sering juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker prostat.
  • Obesitas, Berkelebihan berat badan meningkatkan risiko seorang laki-laki terkena kanker prostat.

Komplikasi Dan Bahaya Kanker Prostat

Komplikasi dari kanker prostat yang paling sering terjadi ialah dapat menimbulkan disfungsi ereksi, rasa sakit, kesulitan buang air kecil dan gejala lainnya.

Kanker prostat memiliki 4 tahapan stadium dari mulai stadium awal ( 1 ), stadium 2, stadium 3 dan stadium 4. Kanker prostat sendiri dikatakan sangat berbahaya jika sudah memasuki tahap akhir ( stadium 4 ). Mampir Juga Ke Anjuran Makanan Untuk Penderita Kanker Prostat.

Pada stadium 4 kanker telah menyebar (metastase) ke kelenjar getah bening regional maupun bagian tubuh lainnya (misalnya tulang dan paru-paru). Komplikasi yang terjadi pada kanker prostat stadium 4 ialah :

  • Terdapat darah dalam air kencing dan terasa panas atau nyeri saat buang air kecil.
  • Sering merasakan sakit ketika ejakulasi.
  • Disfungsi ereksi.
  • Jika kanker prostat telah menyebar ke kelenjar getah bening yang terletak di panggul, dapat menyebabkan rasa sakit atau kekakuan pada punggung bawah, pinggul atau paha atas dan tidak nyaman di daerah panggul.
  • Fungsi kandung kemih atas akan rusak.
  • Sering mengalami infeksi kemih berulang.
  • Kanker prostat lanjut yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri tulang, terutama di pinggul dan tulang belakang, patah tulang, melemahnya tulang dan kompresi tulang belakang.

Dan Bahaya kanker prostat yang paling ditakuti ialah ketika sel tumor atau kanker pada kelenjar prostat dapat metastasis (menyebar) ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan kelenjar getah bening. Kanker prostat yang menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri dan bahkan patah tulang.

Kanker prostat juga bisa menyebar ke otak dan menyebabkan kejang serta gejala mental. Pada tahap ini risiko kematiannya sangat tinggi. Oleh sebab itu kanker prostat sering dikatakan sebagai pembunuh yang datang diam-diam tanpa gejala ( ” Silent Killer ” ).

Itulah Penyebab, Bahaya Dan Komplikasi Kanker Prostat Yang Mesti Diketahui supaya untuk selalu optimis saat menjalani terapi pengobatannya dan juga dapat dihindari sejak awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *