Penyebab Dan Pencegahan Polip Serviks / Rahim

Munculnya polip serviks atau dikenal juga dengan sebutan polip rahim bukan tanpa penyebab serta proses pencegahan, hal inilah yang hendak kami ulas pada kesempatan sekarang.

Penyebab Polip Rahim

Penyebabnya belum diketahui secara pasti. salah satu faktor yang diduga dapat memicu munculnya penyakit ini adalah perubahan kadar hormon estrogen setiap bulan.

Selain faktor yang diduga menjadi penyebabnya, terdapat beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko polip rahim pada seorang wanita. beberapa di antaranya :

  • Usia. Risiko penyakit polip rahim lebih tinggi terjadi pada wanita dalam masa pre-menopause atau sudah mengalami menopause, yaitu sekitar usia 40-50 tahun.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti tamoxifen (untuk menangani kanker payudara).
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Tips Pencegahan Polip Serviks

Harus dipahami bahwa polip adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal. walaupun sebagian besar polip bersifat jinak, namun ada beberapa polip yang bersifat ganas karena polip ini adalah pertumbuhan yang tidak normal dan sel kanker adalah sel abnormal yang terus tumbuh dan menyebar ke berbagai organ tubuh.

Kanker serviks merupakan penyakit yang jarang terjadi. bahkan, berdasarkan statistik, hanya sekitar satu persen wanita dengan polip serviks yang terkena kanker serviks.

Berikut adalah langkah-langkah agar anda terhindar dari polip serviks, antara lain :

  • Lebih menjaga kebersihan. Jagalah kebersihan organ intim anda lebih dari biasanya ketika anda mengalami menstruasi. anda harus sering mengganti pembalut. Jika tidak, pembalut yang kotor dan lembap akan mengundang bakteri untuk tinggal dan berkembang disana. Hal itu tidak hanya akan menyebabkan penyakit polip serviks namun juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit miss V.
  • Gunakan jenis sabun yang benar. hindarilah pemakaian sabun yang mengandung antiseptik. sebaiknya, anda memilih sabun yang lebih ramah terhadap vagina seperti adanya kandungan susu pada sabun. Hal yang tak kalah penting adalah memastikan pH sabun khusus yang anda gunakan ini memiliki pH yang seimbang dengan kondisi miss V. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan miss V agar kuman dan bakteri enggan tinggal dan bersarang disana.
  • Pakai celana katun atau stoking dengan selangkangan kapas. ini membantu mencegah akumulasi kelebihan panas dan kelembaban. panas dan kelembaban membuat seorang wanita rentan terhadap infeksi miss v dan leher rahim.
  • Pakailah pengaman saat berhubungan intim. ini mengurangi resiko infeksi menular yang dapat menyebabkan polip serviks.

Itulah tips pencegahan dan penyebab polip serviks yang dapat share pada kesempatan ini. semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Rate here :

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *