Sakit Maag Serta Mengenal Tanda Tanda Awalnya

Segmen Ini Akan dibahas mengenai Sakit Maag Serta Mengenal Tanda Tanda Awalnya, supaya anda dapat mengatasinya lebih dini. agar lebih jelasnya, mari sama-sama menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.Sakit Maag Serta Mengenal Tanda Tanda Awalnya

Dua Kelompok Penyakit Maag

  • Sakit maag fungsional, yaitu sakit maag yang jika dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan diteropong saluran cerna bagian atas (endoskopi) tidak didapati kelainan secara anatomis.
  • Sakit maag organik, yang jika diperiksa dengan endoskopi akan didapatkan kelainan secara anatomi. Misalnya luka pada lambung dan usus dua belas jari, polip pada kerongkongan dan lambung serta kanker pada organ pencernaan tersebut.

Tahapan dalam Sakit maag

1) Maag ringan
Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.

2) Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.

3) Maag kronis
Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag sedang, kemungkinan terjadi peradangan atau luka pada mukosa lambung.

Baca Juga Artikel : Obat Tradisional Untuk Penyembuh Maag Kronis

4) Maag Akut
Adalah kondisi lambung yang sudah parah, dapat terjadi karena terdapat borok, infeksi pada lambung, maupun infeksi mikroorganisme merugikan yaitu Helycobacter Pylori.

5) Kanker lambung
Ini sudah merupakan tahap yang sangat berbahaya dan perlu segera mendapatkan penanganan medis.

Tanda Atau Ciri Ciri Sakit Maag

Sakit Ulu Hati
Yang paling utama dan sering dirasakan adalah sakit perut kiri atau agak ketengah, atau dalam bahasa indonesia daerah ulu hati. Rasa sakit yang dirasakan dapat berupa perih, rasa panas atau terbakar yang bisa menjadi lebih buruk atau lebih baik setelah makan.

Mual dan Muntah
Sering kita jumpai seseorang yang mengalami sakit maag akan sering mengalami mual atau rasa ingin muntah, walau demikian tak sedikit juga yang akhirnya benar-benar muntah atau mengeluarkan isi perut baik berupa cairan kuning, hijau, atau bercampur dengan makanan. Hal ini terjadi karena lambung sering mengalami kontraksi yang sering juga disertai dengan rasa sakit yang bertambah hebat.

Bersendawa
Pada sakit maag, ada banyak asam lambung yang diproduksi, cairan asam ini menghasilkan banyak gas sehingga seseorang akan sering mengalami sendawa walaupun tidak habis makan atau minum. Itulah kenapa bersendawa merupakan salah satu dari sekian banyak tanda menderita sakit maag.

Kembung
Dengan alasan yang hampir sama dengan gejala di atas, perut kembung juga merupakan dampak dari peningkatan asam lambung dan gas yang berada dalam lambung maupun usus, selain itu terjadi pula perlambatan pergerakan lambung dan usus. Untuk itu orang yang sakit maag tidak boleh makan sesuatu yang membuat tambah kembung.

Perut Terasa Penuh
hal ini juga terjadi karena lambatnya pergerakan usus dan lambung sehingga makanan cendrung tertahan dalam saluran cerna. Itulah mengapa orang yang sakit maag dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit tapi sering.

Kehilangan Nafsu Makan
Jika perut sudah kembung dan terasa penuh, apalagi disertai dengan mual, maka sudah pasti akan mengalami gejala maag selanjutnya, yaitu tidak nafsu makan. Walau demikian pasien harus tetap makan, karena kalau tidak konsentrasi asam lambung semakin meningkat dan mencerna jaringan lambung itu sendiri.

Nyesek
Banyak yang tak menyangka bahwa nyesek merupakan salah satu tanda tanda sakit maag, nyesek di sini artinya adalah rasa tak nyaman pada ulu hati (seolah-olah tertahan dari bawah) saat seseorang menarik nafas. Hal ini terjadi karena saat tarik nafas paru-paru mengebang dan diafragma menekan lambung yang berada di bawahnya, yang sedang meradang.

Muntah Darah
Tanda ini hanya terjadi pada kasus maag yang parah atau sampai terbentuknya luka atau tukak lambung sehingga berdarah, darah akan keluar bersama muntah, namun ciri khasnya adalah darah berwarna hitam (hematemesis), namun tidak menutup kemungkinan darah berwarna agak kemerahan.

BAB Warna Hitam
Hal ini terjadi pada kasus yang parah, ketika tidak semua darah dimuntahkan, maka bisa keluar bersama keluarnya feses, terlihat juga buang air besar berdarah dengan warna hitam (melena). Hal ini terjadi karena darah merah yang bercampur dengan asam lambung akan berubah warna menjadi hitam.

Itulah tanda tanda sakit maag serta beberapa informasi lainnya yang masih berkaitan dengan masalah penyakit maag. semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kita, yuk share ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *