Cara Mengetahui Benjolan Ganas Atau Jinak Di Payudara

tips mengetahui benjolan ganas atau jinak di payudaraPentingnya wanita mengetahui benjolan ganas atau jinak yang muncul di payudara. hal ini mempunyai ciri ciri yang bisa kita raba dan lihat. untuk itu jangan dulu panik jika muncul benjolan di payudara. supaya mempersingkat waktu, mari simak di bawah ini.

Cleveland Clinic Taussig Cancer Institute membeberkan bagaimana cara mengetahui benjolan ganas atau jinak di payudara :

Kumpulan benjolan
Saat dipegang, terasa lembut, seperti kumpulan buah anggur. ketika ditekan terasa agak sakit dan saat disentuh ukurannya bisa kecil bisa besar. Ini bisa jadi kista atau kantung berisi cairan alami.

Penyebabnya adalah perubahan hormon menjelang menstruasi. sebanyak 30 persen wanita berusia antara 35 hingga 50 mengalami hal ini.

Cairan
Payudara terasa kencang dan keluar cairan dari kedua puting seperti susu. Bisa jadi ini pertanda kehamilan, atau anda tidak hamil tapi mengalami masalah hormon. bisa juga akibat konsumsi pil kontrasepsi.

Benjolan lembut
Saat dipegang terasa lembut, ukurannya sekitar satu hingga empat inci. Bisa ada di kedua payudara atau salah satu dan muncul sebelum haid. penyebabnya kemungkinan perubahan fibrokistik.

Hal ini terjadi karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron, yang dapat mengentalkan jaringan payudara. hal ini terjadi pada lebih dari 50 persen wanita dan sering datang dan pergi sampai menopause.

Jika disertai benjolan muncul disertai rasa sakit, anda bisa mengonsumsi acetaminophen atau ibuprofen. kenakan juga bra yang nyaman dan berbahan lembut. kurangi konsumsi makanan berlemak dan kafein akan sangat membantu mengurangi rasa sakit.

Andai rasa sakit tersebut tidak hilang-hilang, sudah saatnya untuk segera lakukan pemeriksaan yang tepat.

Benjolan keras
Benjolan terasa keras dan padat, saat ditekan memiliki sisi yang tidak teratur atau bergerigi. Saat dipegang seperti tak mau bergerak atau ketika ditekan bentuknya tetap. ini bisa jadi tumor atau kanker.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi