Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit

Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit – tentu istilah radikal bebas sudah tidak asing lagi di telinga kita. Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron, sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain.

Radikal Bebas Berbahaya Untuk Badan Dan Kulit

Sumber Radikal bebas yaitu endogen dan eksogen.

⇒ Sumber endogen berasal dari dalam tubuh yang dihasilkan intraseluler, bertindak dalam sel, dan terbentuk di dalam sel, tetapi dilepaskan ke daerah sekitarnya.

Radikal bebas intraseluler adalah hasil dari auto-oksidasi dan inaktivasi akibat dari molekul kecil seperti mengurangi tiol dan flavin. Radikal juga dapat terbentuk sebagai akibat dari aktivitas tertentu oksidase, lipoksigenase, cyclo-oksigenase, dehidrogenase dan peroksidase.

⇒ Sumber eksogen radikal bebas termasuk iradiasi, polusi kimia, ozon, stress, olahraga berlebihan dan beberapa obat, termasuk obat kemoterapi kanker.

Bahaya Radikal Bebas Bagi Kesehatan Kulit Dan Tubuh

A. Bahaya radikal bebas bagi tubuh manusia ternyata berada di mana-mana, bisa di luar atau di dalam tubuh. Radikal bebas berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronis dan penyakit degeratif seperti Serangan Jantung, alzeimer, stroke dan kanker.

Paparan radikal bebas yang berlebihan dan secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungannya, dan para akhirnya dapat menyebabkan kematian sel.

Radikal bebas yang bersifat reaktif dapat menyebabkan kerusakan sel, kematian sel, mengurangi kemampuan adaptasi sel sehingga timbul gangguan atau penyakit.”

B. Bahaya Radikal bebas untuk kulit yang paling besar ialah dari paparan radiasi sinar ultra violet matahari.

Di saat sekarang dengan kondisi lingkungan semakin buruk seperti global warming misalnya membuat sinar UV ini semakin kuat, tajam dan panas sehingga ketika kulit terpapar oleh radikal bebas ini akan berakibat kerusakan pada sel-sel dan jaringan kulit.

Seperti mudah terinfeksi penyakit kulit misalnya gatal-gatal dan kasar hal tersebut karena sel-sel kulit telah mati ketika ada infeksi dari bakteri atau jamur kulit tidak mampu menahannya karena kerusakan tadi, menurunkan elastisitas kulit dan meningkatkan penuaan pada kulit.

Radikal bebas yang berbahaya bagi kulit tidak hanya dari sinar UV saja tetapi dari polusi udara, asap rokok juga dapat membuat kondisi kulit menjadi rusak.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi