Kenali Hidrokel, Penyebab Dan Gejalanya

Hidrokel, Penyebab Dan GejalanyaHidrokel salah satu jenis masalah kesehatan yang memang kurang familiar di telinga kita, akan tetapi secara umum dalam pengobatannya harus dilakukan proses operasi. tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang hidrokel? yuk ikuti terus pembahasan kami di bawah ini.

Apa itu Hidrokel?
Hidrokel adalah kondisi medis yang ditandai dengan adanya carian yang mengisi kantung di sekitar satu atau kedua testis yang menyebabkan skrotum tampak membesar, dan umumnya tidak nyeri.

Hidrokel secara umum dijumpai pada anak-anak yang baru lahir, yaitu sekitar 10%. Namun sebagian besar hidrokel akan menghilang pada tahun pertama kehidupan. Tidak hanya anak, orang dewasa juga dapat terkena hidrokel yang disebabkan oleh peradangan seperti infeksi menular seksual atau luka pada skrotum.

Beberapa jenis hidrokel yang perlu anda ketahui :

  • Hidrokel komunikan – Merupakan penyakit hidrokel yang terjadi karena adanya faktor lain, bukan dari daerah tunika vaginalis itu sendiri.
  • Hidrokel testis – Kantong hidrokel seolah-olah mengelilingi testis sehingga testis tak dapat diraba. Pada anamnesis, besarnya kantong hidrokel tidak berubah sepanjang hari.
  • Hidrokel funikulus – Kantong hidrokel berada di funikulus yaitu terletak di sebelah kranial dari testis, sehingga pada palpasi, testis dapat diraba dan berada di luar kantong hidrokel. Pada anamnesis kantong hidrokel besarnya tetap sepanjang hari.

Penyebab Hidrokel
Kebanyakan penyebab hidrokel tidak diketahui. Tapi pada bayi, hidrokel bisa terbentuk sebelum lahir. Hidrokel juga bisa menjadi tanda adanya celah terbuka antara dinding perut dan skrotum.

Dalam kandungan, kedua testis yang berada di bagian bawah rongga perut akan turun ke dalam skrotum bersama kantung pembungkusnya, prosesus vaginalis. Cairan akan mengisi dan mengelilingi kedua testis di dalam prosesus vaginalis. Normalnya celah yang menghubungkan perut dan skrotum akan tertutup setelah bayu lahir, atau segera sesudah lahir. Cairan ini biasanya akan terserap secara perlahan pada tahun pertama setelah bayi lahir.

Akan tetapi, cairan bisa saja tetap berjalan setelah celah tertutup (hidrokel nonkomunikan). Ada juga kemungkinan kalau celah tersebut tidak tertutup dan cairan bisa keluar masuk rongga perut (hidrokel komunikan).

Pada orang dewasa, hidrokel bisa muncul sebagai hasil dari cedera atau akibat infeksi pada testis atau epididimis (saluran keluar sperma). Filariasis, sebuah infeksi parasit yang disebabkan oleh cacing Wuchereria bancrofti menjadi penyebab utama hidrokel pada orang dewasa seluruh dunia.

Gejala-Gejala Hidrokel

  • Benjolan di satu testis atau pengerasan dari salah satu testis.
  • Sensitivitas yang abnormal (baik mati rasa atau nyeri).
  • Hilangnya aktivitas seksual atau kepentingan.
  • Sebuah sensasi terbakar, khusus berikut aktivitas fisik.
  • Membangun-up cairan dalam tunika vaginalis atau skrotum, dikenal sebagai hidrokel
  • Rasa nyeri di perut bagian bawah atau selangkangan, kadang-kadang digambarkan sebagai sensasi “berat”.
  • Sakit pinggang, nyeri punggung bawah.
  • Peningkatan, atau penurunan yang signifikan, atau tiba-tiba penurunan ukuran satu atau kedua testis. Testis dengan tumor dapat sangat membesar, sebanyak 3 kali ukuran aslinya.
  • Bersamaan testis lain mungkin menyusut dalam ukuran, karena tumor mengambil sebagian besar suplai darah ke skrotum.
  • Darah di air mani.
  • Umum merasa lemah dan lelah.

Nah itulah seputar penyebab, gejala dan pengertian hidrokel khusus bagi anda yang belum mengetahuinya. semoga ulasan kami ini dapat memberikan manfaat.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi